Jumat, 25 Januari 2013

MENGAPA BURUH SEDIKIT BANYAK HARTA MEMBUAT BURUH JADI SOMBONG

Ketika orang tersebut belum memiliki banyak harta, dia sangat baik dan ramah kepada setiap orang, teman dan sanak saudara apalagi tetangga. Komunikasinya kepada setiap orang sangat enak dan menyenangkan banyak orang. Banyak pula orang yang berteman dengan dia juga senang. Semua orang berkesimpulan enak ngobrol dengan dia.
Pada saat posisi dia belum memiliki banyak harta, dia perlu banyak teman dan teman itu dengan siapa saja itulah prinsipnya ketika itu. Mana tau kalau berkomunikasi dengan banyak orang dan berteman, bisa mendapatkan peluang informasi yang bisa mendatangkan rizki itulah pendapat dia ketika itu. Memang benar ketika dalam proses waktu pertemanan dia kepada siapa saja, melalui pertemanan inilah dia mendapatkan bermacam informasi yang bisa dia pilih untuk menjadi pilihannya untuk menjawab problematika penghasilan hidupnya. Dalam pergaulannya sehari-hari ternyata dia mendapatkan teman yang berprinsip “hidup adalah sekali maka berbuatlah yang terbaik” teman ini juga merupakan teman menangis artinya “teman yang sangat tau tentang keadaan kita dan sangat empati bila kita susah dia mensolusi, bila kita lagi senang dia dengan setia mengingatkan”. Teman ini ternyata memiliki potensi yang luar biasa kreatif dan inovatif atas gagasannyalah pertemanan ini bisa membuat suatu aktifitas produktif yang bisa menghasilkan pendapatan harian dan bulanan.
Waktu, hari, bulan dan tahun berjalan demikian cepatnya, tidak terasa perusahaan perusahaan di Kab Bogor terjadi perubahan luar biasa ada yang bonus sampai 8 ( delapan ) kali gaji pokok, ada yang naik 150%, bahkan UMK, UMSK naik dari 1.300.000,- menjadi 2.100.100,- semua buruh-buruh di bogor bahkan ribuan buruh di bogor banyak yang menikmatinya.
Dalam perjalanan waktu karena semakin sejahteranya buruh tersebut berubahlah gaya hidupnya dari jalan kaki, jadi bisa beli motor, dari punya motor bisa beli mobil, dari yang nggak berani nyicil rumah akhirnya berani nyicil rumah.
Dan semakin sejahteranya buruh itu akhirnya lupa bahwa gaji naik 150 % bonus dapat 8 ( delapan ) kali bukan turun dari langit semua ada perjuanganya dan mungkin lupa yang memeperjuangkan teryata banyak pengorbanan, keluarga, waktu, uang, pikiran, di intimidasi, di penjarakan, bahkan kecelakaan.
Padahal persatuan dan kesatuan adalah modal buruh untuk sejahtera di saat perutnya laper mereka teriak berbondong-bondong menuntuk haknya bersatu padu sehingga pemda Kab bogor menjadi lautan manusia. Tapi sungguh ironis di saat PEJUANG BURUH yang berjuang tanpa pamrih tersakiti meraka seakan-akan tidak peduli, acuh, masa bodoh, bahkan ada yang bilang, kan bukan urusan gue, ada juga yang bilang aku mah ngak usah macem-macem ah ,kalau yang lain naik aku juga naik yang penting aku masih kerja keluargaku bisa makan, kalau orang lain mah emang gue pikirain, kan bukan PT gue yang bermasalah ngapain aku ikut dukung kalau demo.
Kapankah kalian paham dan sadar kawan kawan buruh makna solidaritas, makna kebersamaan, makna gotong- royong, apakah dengan sedikit dunia aja kawan kawanburuh lupa untuk membantu teman lainya yang sedang membutuhkan dukungan bahwa hidup kita nggak akan bisa sendirian kawan buruh RODA BERPUTAR KAWAN kadang di bawah kadang diatas “ kalau senang ingatlah susahmu kalau susah ingat senang yanga kan kamu capai.
Salam Solidaritas Tanpa Batas.

Tidak ada komentar: