Jumat, 25 Januari 2013

BELAJAR BERANI
Kalau kita bicara tentang berani sepertinya nggak ada ujungnya. Karena tidak ada orang yang berani untuk semua hal setiap waktu! ya benar saya setuju. Demikian juga dengan saya. Rasanya saya nggak berani-berani amat sih. Banyak hal yang membuat saya takut. Meskipun demikian saya merasakan keberanian saya tumbuh dan menjadi kuat. Keberanian yang saya maksudkan adalah keberanian yang dibutuhkan dalam upaya kita mencapai tujuan.
Pertanyaannya adalah apakah dirimu memiliki ketakutan yang saat ini sudah dalam taraf menghalangimu dalam mencapai tujuan?. Bila demikian saya punya sebuah tips bagaimana menumbuhkan keberanian;

TIPS #1: SEDIKIT TIDAK NYAMAN
Takut itu muncul pada saat kita harus keluar dari zona nyaman. Bila kamu katakan bahwa kamu berani dalam situasi tertentu saja, maka itu namanya bukan berani tetapi biasa!. Berani adalah bukan karena kita tidak memiliki rasa takut. Tetapi berani adalah apabila kita terus berjalan meskipun takut.Oleh karena itu bila kamu ingin menjadi berani belajarlah setiap saat keluar dari zona nyaman. Saya tidak mengajakmu untuk melakukan hal ekstrim. Saya hanya mengajak untuk keluar dari zona nyaman sedikit demi sedikit. Sedikit merasa tidak nyaman, nggak apa-apa bukan?. Belajarlah sedikit demi sedikit menantang diri sendiri melakukan apa yang kamu pikir tak bisa kamu lakukaan.

TIPS#2: DENGARKAN yang POSITIF
Keberanian itu juga bisa muncul dari dukungan. Beradalah terus disekitar orang yang percaya padamu, yang mendukung mimpimu. yang mendengarkan tujuanmu, yang percaya bahwa kamu bisa, yang terus menantangmu tanpa henti. Beradalah diantara mereka, karena mereka tidak akan mengijinkan kamu untuk menyerah. Biarkan keyakinan mereka akan keuatanmu mendorongmu menjadi kuat dan berani. Bila orang lain percaya kamu bisa, kenapa kamu tidak mempercayai dirimu sendiri dan memberi kesempatan bahwa kamu bisa!.

TIPS#3: RUBAH CARA BERPIKIRMU
Ketakutan itu muncul karena prasangka. Kamu lebih membayangkan buruknya daripada baiknya. Bila kamu apa yang akan kamu lakukan akan gagal dan salah, kemudian orang akan menghakimimu yang membuat akan merasa terpuruk, maka itu pulalah yang mungkin akan terjadi. Jadi masuk akal bukan kalau kemudian kamu takut untuk bertindak.
Rubah cara pikirmu. Mungkin kamu bisa memulai dengan “namanya juga belajar, mana mungkin langsung mahir.” atau ” Ya kalau nantipun salah ya diperbaiki.” atau “Aku akan buat perencanaan dan belajar untuk bisa minimakan resiko salah/gaga.”. Bila itu percakapan yang ada di kepalamu maka mungkin hasilnya akan berbeda. Kamu akan lebih ringan dalam melangkah dan bertindak. Coba deh!

TIPS #4: JANGAN MENUNGGU
Pernahkah kamu menunggu antrian untuk diuji, apakah kamu semakin takut/nervous?. Kebanyakan orang akan menjawab iya. Semakin lama kamu menunda dan menunggu maka ketakutan itu kan semakin besar. Karena kamu akan mulai lebay dan membayangkan yang bukan-bukan. Bila kamu terpikir untuk melakukan, lakukan saja. Just Do It!. Memang kamu harus memikirkan terlebih dahulu, tetapi jangan kelamaan dong! Karena waktumu akan habis untuk berpikir daripada bertindak.

TIPS #5: LATIH DARI YANG SEDERHANA & KECIL
Kalau yang diatas kita bicara tentang takut dan berani yang hubungannya dengan tujuan, maka kali ini saya ingin mengajak anda untuk melatihnya dalam kesederhanaan dan keseharian. Lakukanlah hal sederhana dan kecil yang berbeda setiap hari. Apa saja yang menurutmu akan bisa melatihmu untuk menjadi terbiasa melakukan perubahan. Kalau kamu biasa melakukannya dalam hal kecil, maka kamu akan lebih nyaman dalam hal besar.
“Berani adalah bukan karena kita tidak memiliki rasa takut. Berani adalah apabila kita tetap berjalan meskipun TAKUT.

Tidak ada komentar: